Wednesday, April 4, 2018

Perbedaan SSH dan Telnet

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat datang di blog saya, Wo-Man. Pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang perbedaan ssh dengan telnet.

A. Pengertian

SSH (Secure Shell) adalah suatu protocol yang aman yang bisa mengcopy file terenkripsi yang tidak bisa dilihat atau diganti dengan kode-kode.
Telnet (Telecomunication Network) adalah adalah protocol jaringan internet atau local area network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal.

B. Latar Belakang
Protocol yang digunakan untuk remote login.

C. Maksud an Tujuan

Dapat membedakan antara SSH dengan Telnet

D. Pembahasan


Perbedaan antara ssh dengan telnet adalah yang p[aling terlihat yaitu dalam sisi keamanan. Jika telnet dia dapat terlihat baik username maupun password sedangkan ssh dia mengenkripsi seluruh file dan username/password yang lewat dalam jalur yang dibuat. untuk ssh basa diterapkan dalam remote server dengan menggunakan metode tunneling yaitu pembuatan lorong yang digunakan untuk point to point setiap node. untuk lebih jelasnya tentang tunnel silahkan klik DISINI Untuk penggunaanya ssh maupun telnet sama yaitu mengontrol dan mengakses komputer dari jarak jauh.

Telnet
  • Kelebihannya yaitu kita dapat mengakses komputer dari jarak jauh dengan mempunyai tampilan yang cukup ramah.
  • Kelemahannya yaitu tingkat keamanan yang tergolong lemah karena pengguna dapat mengotentifikasi tanpa adanya enkripsi. sehingga jika digunakan server. lebih baik menggunakan ssh karena data tersebut teremkripsi.
SSH
  • Kelebihannya yaitu dalam keamanan karena seluruh file dan otentifikasinya terenkripsi sehingga tidak semua orang dapat mengotentifikasi.
  • Kelemahanya yaitu Sangat ribet dalam login, karena terenkripsi jadi untuk orang awam akan kesulitan dalam menggunakan ssh
 E. Kesimpulan
Jadi SSH dengan Telnet mempunyai fungsi untuk mengakses komputer dari jarak jauh. dan keduanya memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Sekian penjelasan kali ini, semoga bisa bermanfaat untuk anda yang membacanya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.
           

0 komentar:

Post a Comment